Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut Untuk WBP Lanita

Kesehatan gigi dan mulut merupakan suatu proses pendidikan yang timbul atas dasar kebutuhan yang bertujuan untuk menghasilkan kesehatan gigi dan mulut yang baik. Dan untuk meningkatkan taraf hidup bagi manusianya. Atas dasar hal tersebut tenaga kesehatan (dokter & perawat) mengadakan kegiatan penyuluhan.Kegiatan tersebut dilangsungkan di Aula Lapas Anak Wanita Tangerang. Dan dihadiri oleh 182 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Sedangkan dari tenaga kesehatan Lapas Anak Wanita Tangerang sendiri menghadirkan drg. Sri Sumaryati dan satu orang perawat.

Kesehatan merupakan bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Baik sehat secara jasmani dan rohani. Tidak terkecuali anak-anak, setiap orang tua menginginkan anaknya bisa tumbuh dan berkembang secara optimal. hal ini dapat dicapai jika tubuh mereka sehat. Kesehatan gigi dan mulut adalah suatu keadaan dimana gigi dan mulut berada dalam kondisi bebas dari adanya bau mulut, kekuatan gusi dan gigi yang baik, tidak adanya plak dan karang gigi. Gigi dalam keadaan putih dan bersih, serta memiliki kekuatan yang baik. ujar drg. Sri dengan alat peraganya.

Selain itu juga Warga Binaan Pemasyarakatan di bekali cara membersihkan gigi dan mulut yang benar dan baik. Untuk mencapai kesehatan gigi dan mulut yang optimal, maka harus dilakukan perawatan secara berkala. Perawatan dapat dimulai dari memperhatikan diet makanan, jangan terlalu banyak makanan yang mengandung gula dan makanan yang lengket. Pembersihan plak dan sisa makanan yang tersisa dengan menyikat gigi, teknik dan caranya jangan sampai merusak struktur gigi dan gusi. Pembersihan karang gigi dan penambalan gigi yang berlubang oleh dokter gigi, serta pencabutan gigi yang sudah tidak bisa dipertahankan lagi. Kunjungan berkala ke dokter gigi hendaknya dilakukan teratur setiap enam bulan sekali baik ada keluhan ataupun tidak ada keluhan.. Dengan perawatan yang tepat pada gigi, maka akan dapat menghindari berbagai masalah gigi dan gusi seperti gigi berlubang dan karang gigi serta masalah bau mulut.

Kemudian acara berlanjut dengan pemaparan dan diskusi yang di presentasikan oleh drg. Sri S. sampai dengan selesai. drg. Sri Sumaryati berujar “Setelah diberikan penyuluhan selama ± 1 jam 30 menit tersebut diharapkan WBP peserta penyuluhan dapat memahami tentang Kesehatan Gigi dan Mulut.”  Yang kemudian dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Agar tercipta lingkungan yang bersih, asri, dan sehat.

Foto Kegiatan kesehatan gigi dan mulut

Kesehatan Gigi dan MulutPenyuluhan kesehatan gigi dan mulut