PERESMIAN MUSEUM PEMASYARAKATAN PERTAMA

Museum Pemasyarakatan

Pada upacara penyerahan remisi umum tahun 2017 secara nasional, Kamis (17/8). turut di resmikan pula Museum Pemasyarakatan yang pertama di Indonesia oleh Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly.

Di dampingi oleh Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dan Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pemasyarakatan Ma’mun. Pak Menteri menandatangani prasasti dan penggutingan pita bunga sebagai tanda telah di buka secara umum.

peresmian musiaum IMG 9730

Museum ini di dedikasikan kepada pejuang Pemasyakatan. Sejarah perkembangan pemasyarakatan di Indonesia mengungkapkan sistem perlakuan terhadap para pelanggar hukum di Indonesia dari masa ke masa, sesuai dengan taraf kesadaran hukum dan perkembangan pandangan bangsa Indonesia tentang nilai manusia dan kemanusiaan. Dan dalam hubungannya dengan manusia terpidana dan aspirasinya bangsa kita akan arti dan cita-cita kemerdekaan bangsa dan Negara. Dengan demikian sekaligus akan lebih jelas terungkapkan apa yang telah melatarbelakangi lahirnya sistem pemasyarakatan. Sehingga tujuan yang hendak dicapai dengan sistem yang telah dikembangkan sekarang ini.

Sistem kepenjaraan sebagai pelaksana pidana hilang kemerdekaan kiranya sudah tidak sesuai lagi dengan tingkat peradaban serta martabat bangsa Indonesia yang telah merdeka yang berfalsafahkan Pancasila. Karena kepenjaraan berasal dari pandangan individualisme yang terdapat dalam kamus penjajah. Yang memandang dan memperlakukan orang terpidana tidak sebagai anggota masyarakat tetapi merupakan suatu pembalasan dendam masyarakat.

Di dalam museum turut di pajang foto-foto bersejarah pemasyakatan serta alat-alat yang di gunakan dalam pengamanan jaman dahulu.

peresmian musium IMG 9747peresmian musium IMG 9747